PEMANFAATAN PLATFORM DESAIN CANVA DI KALANGAN MAHASISWA POLITEKNIK STMI JAKARTA

 Muhammad Kholid Al-Mahdy¹, Nadiah Faiza Syawalia², Nayla Auliya Andhini³, Helen Hawa Az-zahra⁴, Shinta Amalia Khusnul Khotimah⁵


Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif, Politeknik STMI Jakarta


Jl. Letjen Suprapto No.26, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510


Telp. 021-42886064 Fax.021-42888206

Email: naylaauliya10@gmail.com



Abstrak

Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang memudahkan penggunanya untuk merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Namun, tidak hanya untuk mendesain, aplikasi Canva juga menyediakan beberapa template serta fitur-fitur menarik. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat minat mahasiswa/i Politeknik STMI Jakarta Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022 dalam pemanfaatan aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan penelitian deskriptif (studi literatur). Adapun total responden yang telah mengisi angket berjumlah 35 orang, dengan rincian dari responden yang berjumlah 35 orang yaitu didominasi dengan mahasiswa/i dari program studi Administrasi Bisnis Otomotif 2 dengan persentase sebesar 60%  yang berjumlah 21 orang dan mahasiswa/i dari program studi Administrasi Bisnis 1 dengan persentase sebesar 40%  yang berjumlah 14 orang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Canva dikalangan Mahasiswa Politeknik STMI Jakarta Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022 lebih banyak memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat kegiatan presentasi.


Kata kunci: Pemanfaatan, Kegiatan presentasi, Canva


Abstract 

Canva is a graphic design application that makes it easy for users to design various types of creative materials online. From designing greeting cards, posters, brochures, infographics, to presentations. Not only to design, however, the Canva app also provides some interesting templates and features. So this research aims to see the interest of STMI Jakarta students in the 2022 automotive business administration study program in the use of Canva application. This study used the technique of data collection and descriptive research (literature study). The total number of respondents who had filled the ticket was 35, with details of 35 respondents being dominated by students from the Automotive Business Administration 2 study program with a percentage of 60% who were 21 and students from the Business Administration 1 study program with a percentage of 40%  There were 14 people.  The results of this study show that the use of Canva applications among STMI Jakarta Polytechnic Students, the 2022 Automotive Business Administration Study Program, is more likely to utilize Canva applications to make presentation activities.


Keywords: Utilization, Presentation activities, Canva





PENDAHULUAN


Latar Belakang


Kemajuan teknologi media telah membuat komunikasi menjadi semakin mudah menukarkan data dari jutaan komputer di dan manapun berada. Mampu menjangkau komunikan yang sangat luas dengan jumlah pesan yang nyaris. Dengan teknologi media komunikasi yang tidak terbatas. Puncak kemajuan berkembang sangat cepat, cara teknologi komunikasi dan informasi saat berkomunikasi pun ikut berubah adalah berbagai bentuk kreativitasnya, khususnya dalam dunia desain dan kreativitas. Sehingga dunia kreatif menjadi pembicaraan khalayak ramai dan digeluti sebagai profesi baru oleh sebagian orang di tengah situasi persaingan bisnis yang semakin kejam. Penggunaan media baru saat ini cenderung dipilih para mahasiswa, karena diasumsikan lebih praktis dan efisien.


Ide kreatif merupakan suatu ketentuan yang tidak boleh ditawar-tawar lagi, karena begitu pentingnya untuk menciptakan suatu desain yang unik dan nyeleneh baik di namun tidak sulit. Tujuannya sebagai upgrade skill atau meningkatkan skill walaupun tidak mempunyai basic design pada jurusan kuliahnya. Namun, jika ingin memiliki desain yang berkualitas namun tidak punya cukup skill untuk menggunakan corel draw, adobe illustrator atau adobe photoshop maka canva adalah solusinya.


Canva adalah program Design Online yang menyediakan berbagai tools atau alat editing untuk membuat berbagai desain grafis seperti poster, flyer, infografik, banner, card invitation, presentation, facebook, cover dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga alat editing untuk foto, diantaranya ada photo editor, photo filters, photo frame, stickers, icon dan design grids.


Sejarah Canva dimulai pada tanggal 1 Januari 2012, Canva didirikan oleh Melanie Perkins yang sebelumnya juga mendirikan Fusion Books, penerbit buku ternama di Australia. Di tahun pertama debutnya, Canva melejit dengan membukukan rekor pengguna sebanyak 750.000.  Lima tahun berjalan, di tahun 2017 Canva mencapai fase di mana perusahaan mulai membukukan laba. Saat itu mereka sudah mempekerjakan 200 orang pegawai yang tersebar di kantor Australia dan San  Fransisco. Salah satu pemasukan terbesarnya datang dari pengguna premium yang berjumlah sebanyak 294.000 pengguna. Per 2017, Canva mempunyai 10  juta pengguna dengan cakupan layanan hingga 169 negara (Winarso, 2018)


Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini ditujukan untuk memberikan solusi dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media perancangan grafis bagi para desainer pemula dari kalangan mahasiswa yang tidak memiliki pendidikan desain namun mempunyai minat pada bidang desain grafis. Serta diharapkan dapat membangun kesadaran bagi para pelaku desain akan pentingnya pengembangan diri dalam proses kekaryaan dan melakukan inovasi dalam proses kreatif.


Rumusan Masalah

  1. Apa saja kegunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022?

  2. Bagaimana respon para mahasiswa Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022 dalam menggunakan aplikasi canva?

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Canva oleh mahasiswa Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan tahun 2022 sebagai media pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif

  2. Untuk memperoleh informasi terkait kepuasan mahasiswa Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan tahun 2022 terhadap aplikasi Canva

Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menjadi kontribusi pemikiran bagi perkembangan ilmu teknologi terutama dalam media pembelajaran Mahasiswa ABO angkatan 2022 Politeknik STMI Jakarta, serta mengetahui kepuasan para mahasiswa terhadap aplikasi Canva.

METODE PENELITIAN


Sugiyono (2013:2), Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua penelitian, yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan atau informasi yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Sedangkan penelitian kualitatif adalah metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam. 


Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitiannya adalah pemanfaatan platform design canva di kalangan mahasiswa Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022. Metode pengumpulan data yang digunakan pada  penelitian ini berupa studi literatur, observasi, dan angket.  Teknik pengumpulan data merupakan bagian yang sangat urgen dari penelitian itu sendiri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan sebuah angket atau kuesioner kepada mahasiswa/i Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022 sejak tanggal 4 Januari 2023 dan di tanggal tersebut juga telah terkumpul 35 responden yang menjawab angket tersebut. Semua data yang terkumpul dengan cara penyebaran angket, observasi, dan studi literatur akan diolah peneliti untuk menganalisis kesulitan-kesulitan mahasiswa tentang aplikasi canva tersebut.  


HASIL DAN PEMBAHASAN


    Berdasarkan angket kuesioner yang sudah disebarkan kepada Mahasiswa/i Politeknik STMI Jakarta untuk program studi Administrasi Bisnis Otomotif tahun 2022. Adapun responden yang berhasil didapat berjumlah 35 orang untuk mengisi angket kuesioner yang berjudul “Pemanfaatan platform desain Canva di kalangan Mahasiswa Politeknik STMI Jakarta”. Berikut adalah rincian dari responden yang berjumlah 35 orang yaitu didominasi dengan mahasiswa/i dari program studi Administrasi Bisnis Otomotif 2 dengan persentase sebesar 60%  yang berjumlah 21 orang dan mahasiswa/i dari program studi Administrasi Bisnis 1 dengan persentase sebesar 40%  yang berjumlah 14 orang. 


Dari hasil angket kuesioner yang diberikan, didapatkan mahasiswa yang menjadi responden mengetahui tentang platform desain Canva dengan memperoleh persentase sebesar 57,1% mengetahui dan 42,9% sangat mengetahui. Pertanyaan selanjutnya, yaitu membahas tentang darimana responden mengetahui platform Canva. Dapat diperoleh 19 orang mengetahui melalui teman dengan persentase sebesar 54,3%, kemudian 14 orang mengetahui melalui media sosial dengan persentase sebesar 40%, dan 2 orang atau dengan persentase 5,7% mengetahui melalui guru. Kemudian pertanyaan berikutnya membahas mengenai kesulitan responden dalam mengoperasikan aplikasi Canva, dapat diperoleh data yaitu dengan persentase 82,9% atau sejumlah 29 orang tidak mengalami kesulitan pada saat mengoperasikan aplikasi Canva karena tampilan aplikasi ini yang friendly user membuat para responden tidak mengalami kesulitan pada saat mengoperasikan aplikasi ini. Lalu sebanyak 6 orang atau dengan persentase 17,1% mengalami kesulitan pada mengoperasikan aplikasi Canva. Kesulitan-kesulitan yang biasa ditemukan oleh para responden adalah aplikasi ini sering mengalami error/lag pada saat digunakan melalui handphone, kemudian terdapat elemen-elemen maupun template yang mengharuskan para penggunanya untuk berlangganan terlebih dahulu agar dapat mengaksesnya dan juga mengalami kesulitan dalam memindahkan elemen yang bertumpuk. Lalu responden merasa tidak terbiasa dan bingung pada saat menggunakan Canva karena responden sudah terbiasa dengan menggunakan Microsoft PowerPoint.

 

Grafik 1. Kegiatan apa yang dilakukan melalui platform Canva 

(sumber : Dokumentasi Penulis)


    Berdasarkan grafik yang tertera diatas, kegiatan yang biasa dilakukan responden adalah membuat PowerPoint (PPT) dengan sebanyak 32 responden. Selain itu responden juga menggunakan Canva untuk membuat poster dengan perolehan 28 responden. Kemudian membuat desain juga menjadi kegiatan yang biasa dilakukan oleh responden yaitu dengan menghasilkan 22 responden. Kegiatan lain yang biasa dilakukan oleh responden yaitu membuat majalah, mengedit foto, dan juga membuat konten lainnya dengan perolehan total sebesar 20 responden. 


  1. Kemudahan responden dalam pengenalan dan penguasaan aplikasi Canva


    Tabel 1. Pengenalan tombol

Pertanyaan 

Seberapa mudah Anda dalam mengenali tombol (button) dalam aplikasi Canva?

Jawaban

Mudah 

Sedang 

Sulit 

Persentase 

40%

51,4%

8,6%

Frekuensi 

14

18

3


    Tabel 2. Penggunaan tombol

Pertanyaan 

Seberapa mudah tombol di aplikasi Canva digunakan untuk pertama kali?

Jawaban

Mudah 

Sedang 

Sulit 

Persentase 

34,3%

57,1%

8,6%

Frekuensi 

12

20

3


    Tabel 3. Penguasaan dalam penggunaan aplikasi Canva

Pertanyaan 

Seberapa Anda menguasai aplikasi Canva ketika Anda berinteraksi dengan aplikasi ini?

Jawaban

Sangat menguasai

Menguasai 

Kurang menguasai

Tidak menguasai 

Persentase 

5,7%

82,9%

11,4%

-

Frekuensi 

2

29

4

-


    Berdasarkan data tabel di atas dapat diperoleh bahwa kemudahan dalam pengenalan tombol pada Canva berada di kemudahan yang tidak terlalu mudah ataupun sulit yaitu dengan persentase sebesar 51,4% atau sejumlah 18 responden. 57,1% atau sebanyak 20 responden merasakan penggunaan tombol berada di tingkat tidak terlalu mudah ataupun sulit pada saat pertama kali. Kemudian para responden sudah menguasai dalam menggunakan aplikasi Canva yaitu dengan sejumlah 29 responden atau persentase sebesar 82,9%.

 

  1. Kecepatan responden dalam penggunaan aplikasi Canva


    Tabel 4. Kecepatan dalam penggunaan aplikasi Canva

Pertanyaan 

Seberapa cepat Anda dalam menggunakan navigasi yang ada dalam aplikasi Canva?

Jawaban

Cepat 

Sedang 

Lambat

Persentase 

25,7%

71,4%

2,9%

Frekuensi 

9

25

1


Tabel 5. Kecepatan dalam mengenali dan mempelajari aplikasi Canva

Pertanyaan 

Seberapa cepat Anda dalam mengenali dan mempelajari aplikasi Canva?

Jawaban

Cepat 

Sedang 

Lambat

Persentase 

40%

57,1%

2,9%

Frekuensi 

14

20

1


Tabel 6. Efisiensi dalam penggunaan tombol di aplikasi Canva

Pertanyaan 

Seberapa efisien penggunaan tombol/navigasi dalam aplikasi Canva?

Jawaban

Efisien 

Kurang efisien 

Tidak efisien 

Persentase 

85,7%

14,3%

-

Frekuensi 

30

5

-


Berdasarkan data tabel di atas dapat diperoleh bahwa kecepatan responden dalam menggunakan Canva tergolong tidak cepat ataupun lambat dengan memperoleh persentase sebesar 71,4% atau sebanyak 25 orang, Serta kecepatan responden dalam mengenali dan mempelajari aplikasi Canva juga berada di tingkat tidak cepat ataupun lambat yaitu dengan sebanyak 20 orang atau persentase sebesar 57,1%. Kemudian para responden merasakan bahwa penggunaan tombol di Canva sudah efisien dengan perolehan responden sebanyak 30 orang atau persentase sebesar 85,7%.


  1. Daya ingat dan error atau kesalahan responden terhadap penggunaan aplikasi Canva


Tabel 7. Daya ingat dalam langkah-langkah penggunaan Canva

Pertanyaan 

Seberapa mudah Anda mengingat langkah-langkah menggunakan aplikasi Canva untuk kedua kalinya dalam penggunaan tombol aplikasi Canva?

Jawaban

Mudah 

Sedang 

Sulit 

Persentase 

51,4%

48,6%

-

Frekuensi 

18

17

-


Tabel 8. Error pada saat penggunaan aplikasi Canva

Pertanyaan 

Apakah kalian menemukan error pada saat menggunakan aplikasi Canva?

Jawaban

Banyak

Sedang 

Sedikit

Persentase 

25,7%

28,6%

45,7%

Frekuensi 

9

10

16


Tabel 9. Kemudahan dalam memperbaiki error yang dihadapi

Pertanyaan 

Jika ada kesalahan saat menggunakan aplikasi ini, apakah Anda dengan mudah memperbaiki error atau kesalahan tersebut?

Jawaban

Mudah 

Sedang 

Sulit 

Persentase 

17,1%

68,6%

14,3%

Frekuensi 

6

24

5


Berdasarkan data tabel di atas dapat diperoleh bahwa responden merasa mudah dalam mengingat langkah-langkah menggunakan aplikasi Canva dengan persentase responden sebesar 51,4% atau 18 orang. Kemudian para responden lebih menemukan sedikit eror ketika menggunakan Canva yaitu dengan hasil sebanyak 16 orang atau 45,7%, Sedangkan untuk kemudahan para responden saat memperbaiki error atau kesalahan yang ditemukan, 68,6% atau sejumlah 24 orang merasakan tidak terlalu mudah ataupun sulit dalam memperbaiki kesalahan tersebut. 


  1. Kepuasan responden terhadap penggunaan aplikasi Canva


Tabel 10. Reaksi pengguna aplikasi Canva

Pertanyaan 

Bagaimana perasaan Anda pada saat menggunakan aplikasi Canva?

Jawaban

Senang 

Sedih 

Kecewa 

Persentase 

85,7%

14,3%

-

Frekuensi 

30

5

-


Tabel 11. Respon pengguna aplikasi Canva

Pertanyaan 

Bagaimana respon Anda ketika menggunakan aplikasi Canva?

Jawaban

Baik 

Biasa saja

Tidak baik 

Persentase 

62,9%

37,1%

-

Frekuensi 

22

13

-



Grafik 2. Tingkat kepuasan pengguna aplikasi Canva

(sumber : Dokumentasi Penulis)


    Berdasarkan data tabel di atas dapat diperoleh bahwa responden merasakan perasaan yang senang saat menggunakan aplikasi Canva dengan persentase sebesar 85,7% atau sejumlah 30 orang dan 62,9% atau sebanyak 22 orang merespon baik pada aplikasi Canva. Kepuasan responden terhadap aplikasi Canva berada di tingkat empat yaitu merasa puas dalam menggunakan aplikasi Canva dengan perolehan persentase sebesar 42,9% atau 15 orang. 


KESIMPULAN


  1. Canva adalah alat editing untuk foto, diantaranya ada photo editor, photo filters, photo frame, stickers, icon dan desain grids. Selain itu, Canva juga merupakan program Design Online yang menyediakan berbagai tools atau alat editing untuk membuat berbagai desain grafis seperti poster, flyer, infografik, banner, card invitation, presentation, facebook, cover dan masih banyak lagi.

  2. Berdasarkan hasil dari penilaian responden mengenai aplikasi Canva, hampir seluruh responden menyatakan setuju bahwa dari segi tampilan, fungsi dan manfaat aplikasi aplikasi Canva layak digunakan sebagai media untuk membantu mengedit atau membuat desain grafis dan video. Dan ada beberapa faktor yang mempengaruhi mahasiswa Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif angkatan 2022 mengalami kesulitan dalam pengoperasian Canva.

  • Kesulitan yang dialami mahasiswa Politeknik STMI Jakarta lebih dominan ke tombol di dalam aplikasi Canva.

  • Kesulitan yang dialami mahasiswa Politeknik STMI Jakarta ialah saat menggunakan aplikasi tersebut terkadang munculnya Error  saat pengoperasian aplikasi tersebut.

  • Kesulitan yang dialami mahasiswa Politeknik STMI Jakarta ialah saat menggunakan aplikasi Canva pertama kali merasa bingung karena sudah terbiasa menggunakan Microsoft Powerpoint dalam membuat Powerpoint (PPT).

  1. Mahasiswa Politeknik STMI Jakarta program studi Administrasi Bisnis Otomotif tahun 2022 merasa tidak terlalu mudah ataupun sulit dan tidak cepat ataupun lambat ketika menggunakan aplikasi Canva. Kemudian lebih menemukan sedikit error atau kesalahan ketika menggunakan Canva, Sedangkan untuk kemudahan para mahasiswa saat memperbaiki error atau kesalahan yang ditemukan tidak terlalu mudah ataupun sulit dalam memperbaiki kesalahan tersebut. Para mahasiswa juga sudah merasa puas dan senang saat menggunakan aplikasi Canva, serta merespon baik terhadap aplikasi Canva. 


DAFTAR PUSTAKA


Winarso, Bambang (2018). Menjajal Canva di Smartphone, Wow Simple Banget. (Review App, 28 Desember 2018). Retrieved from https://dailysocial.id/post/menjajal-canva-di-smartphone.


Yahya (2022). Contoh Metode Penelitian Karya Ilmiah Kuantitatif, Kualitatif, dan Deskriptif https://mamikos.com/info/contoh-metode-penelitian-karya-ilmiah-kuantitatif-kualitatif-dan-deskriptif-mhs/ 


Thabroni (2022). Metode Penelitian: Pengertian & Jenis menurut Para Ahli 

https://serupa.id/metode-penelitian/ 



Komentar