6.Ringkasan Artikel Penelitian : PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN
dibandingkan dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan terhadap produk atau jasa tersebut.
Pembelian ulang adalah jika suatu produk dibeli ternyata memuaskan atau lebih memuaskan dari merek sebelumnya, maka konsumen berkeinginan untuk membeli ulang atau pembelian ulang menunjukan pembelian yang terjadi setelah konsumen mempunyai pengalaman dengan produk maupun perusahaan (schiffman dan Kanuk dalam Lianda, 2009:32). Menurut Swasta dan Irawan pembelian ulang merupakan pembelian yang pernah dilakukan oleh pembeli atas produk yang sama dan akan membeli lagi untuk kedua atau ketiga kalinya. Menurut Monroe, faktor intense untuk membeli kembali mencakup 4 faktor yaitu, niat membeli, membeli kembali, jangka panjang pembelian, dan hubungan yang baik.
Kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,643. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pada konsumen, artinya semakin baik kualitas yang dimiliki suatu produk maka tingkat rasa kepuasan pada konsumen akan semakin meningkat. Hasil uji regresi berganda dua tahap (tahap pertama), yang memperlihatkan nilai t hitung sebesar 8,364 yang lebih besar dari t tabel 1,9845. Sehingga hipotesis 1 yang berbunyi “terdapat pengaruh Kualitas Produk (X1) terhadap Kepuasan Konsumen(Y1) pada konsumen Yamaha Vixion” diterima.
Kesadaran merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,158. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kesadaran merek yang dirasakan maka kepuasan konsumen akan semakin meningkat. Hasil uji regresi berganda dua tahap yang memperlihatkan nilai t hitung sebesar 2,053 yang lebih besar dari t tabel 1,9845. Sehingga hipotesis 2 yang berbunyi "terdapat pengaruh kesadaran merek (X2) terhadap kepuasan konsumen(Y1) pada konsumen Yamaha Vixion" diterima.
Kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, didalam penelitian ini kepuasan pelanggan diukur dari kesesuaian antara haparan dan kenyataan yang diperoleh, kepuasan atas kinerja sepeda motor, dan keputusan yang tepat untuk menggunakan Yamaha Vixion. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,457. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan yang dirasakan konsumen semakin tinggi, maka semakin tinggi pula tingkat keputusan pembelian ulang, namun hal tersebut di dasarkan pada tipe kepuasan yang ada pada konsumen itu sendiri. Hasil ujiregresi berganda dua tahap (tahap kedua) memperlihatkan nilai t hitung sebesar 5,083 yang lebih besar dari t tabel 1,9845. Sehingga hipotesis 3 yang berbunyi "terdapat pengaruh kepuasan konsumen (Y1) terhadap keputusan pembelian ulang(Y2) pada konsumen Yamaha Vixion" diterima.
Komentar
Posting Komentar